A. Pengertian Pengujian Produk
pengujian produk merupakan salah satu tahapan dalam pengembangan produk-produk baru, Produk sebelum diproduksi dan dipasarkan, Produk terlebih dahulu diuji untuk mendapatkan umpan balik dari kelompok konsumen yang menjadi sasaran. Konsumen dimintai pendapatnya tentang produk tersebut dengan keterkaitannya, Setiap pengujian produk atau konsep produk harus mencakup pertanyaan tentang produk, Misalnya:
1.Bagaiman konsep produk atau gambaran produknya jelas dan mudah dimengerti?
2.Apa manfaat produk tersebut bagi anda?
3.Apakah anda menyukai produk ini dibanding produk lain?
4.Apaka produk ini memenuhi keinginan dan kebutuhan anda?
5.Perbaikan apakah yang anda usulkan atau pendapat tentang produk kami?
Dengan melakukan pengajuan produk, Perusahaan atau suatu usaha akan dapat lebih memperkaya konsep produk dan memilih produk terbaik yang diminati konsumen.
B. Tahapan pengujian produk
Konsep pengujian merupakan proker atau usaha yang diprediksi menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mengitung respon pelanggan untuk produk baru sebelum diperkenalkan dipasar
1.Memberi tester kepada konsumen
2.Evaluasi tester dari konsumen
3.Membuat rencana lanjutan setelah evaluasi
4.Produksi massal
5.Evaluasi produksi massal
3 langkah yang perlu dilakukan, diantaranya:
1.Harus dipandang dengan baik oleh konsumen
2.Bekerja dengan aman dalam keaadaan dan penggunaan yang normal
3.Bisa dilaksanakan
C. Metode pengujian produk
produk baru yang unggul akan terjual dengan sendirinya dan melihat produk dari sudut pandang pelanggan. Metode-metode dalam pengajuan produk
1.Meminta konsumen menggunakan sebuah produk selama jangka waktu yang lama tertentu, kemudian meminta mereka menjawab beberapa pertanyaan terkait deskripsi produk serta kepuasan mereka
2.Melaksanakn blind test yaitu dengan cara konsumen membandingkan sedemikian rupa berbagai macam merek dan alternatifnya tanpa mengetahui merek/produk
Adapun langkah-langkah dalam meminimalisasikan risiko kegagalan produk:
1.Market understanding (pemahaman pasar):mengetahui pendapat atau perasaan konsumen
2.Caregory assement research: mengidentifikasi kebutuhan konsumen
3.Segmentasi;mengindentifikasi target pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar